Wednesday, March 26, 2008

Suku Dayak Indramayu


Dayak Indramayu demikianlah sebutan akrab dari warga desa karimun losarang indramayu Jawa Barat namun nama asli dayak Indaramayu ini adalah Suku Dayak Hindhu Budha Bumi Sagandu.
Walau menggunakan nama dayak mereka tak ada hubungan kekerabatan dengan suku dayak yang ada di Kalimantan...

Nama suku dayak hindhu budha bumi sagandu adalah penterjemahan kata perkata kedalam bahasa jawa indramayu

komunitas ini termasuk dalam daftar sebagai aliran sesat yang di keluarkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan terancam untuk dibubarkan..

ultimatum dari sang kapolres ... untuk segera membubarkan komunitas kepercayaan ini dalam waktu 3 bulan kedepan (terhitung sejak 20 november 2007)







4 comments:

Diyah Perwitosari said...

wah, foto - fotonya bagus. saya juga pernah ke krimun dan menginap di sana satu malam. suasananya tenang sekali dan kami disambut dengan tangan terbuka oleh pak takmad dan mas - mas di situ

si manizzz said...

oohh..ternyata,di losarang ada suku dayak nya jg,pdhl kan nyokap berasal dr sana...huhu,koq gw br tau ya..???

Anonymous said...

sekedar pengetahuan....penampilan orang yg dikatakan orang Dayak indramayu itu sangat-sangat beda dengan Dayak asli. mungkin ada baiknya anda membaca buku " laksamana Cheng Ho" yang kalau tidak salah karangan pak Anhar Gonggong. disitu ceritakan bagaimana kehidupan orang Jawa dimasa kedatangan laksamana cheng ho ke jawa dahulu. termasuk penampilan asli orang jawa ( dalam berpakaian) disitu di katakan bahwa orang jawa jaman dulu hanya memakai celana pendek tanpa baju untuk kaum laki-lakinya sedangkan wanitanya hanya memakai kemben. jadi penampilan orang jawa indramayu yg dikatakan sebagai orang Dayak itu, tidak lain adalah wujud penampilan orang jawa jaman dulu. jadi jangan anda bayangkan pakaian orang jawa seperti yang dipakai para pengantin jawa atau yang dipakai oleh parto di acara lawak Overa van java itu. Hanya saja orang jawa malu untuk tetap menggunakan pakaian asli mereka itu dalam acara-acara budaya.
sementara orang Dayak kalimantan sejak jaman dulu desain pakaian adat mereka memang seperti yang kita sering lihat di tv-tv itu ( pake rompi khas Dayak + celana pendek atau cawat untuk pria nya dan pakai Tank top( kemben bertali bahu) dan sarung. pada kaum wanitanya)
Kata Dayak sendiri pada masyarakat Dayak kalimantan berasal dari bahasa mereka sendiri yaitu asal kata " Daya" yang artinya " Daerah hulu" dan " kekuatan". nah yang bearti" Daerah hulu" itu lah yang menjadi nama Dayak disebabkan kebiasaan orang melayu yg tinggal di muara sungai sering menyebut mereka " orang dari daerah hulu"
sementara itu penampilan fisik rerata orang Dayak mririp chinese so....perbedaannya dengan orang indramayu tersebut jadi...sangat jauh. kebanyakan orang diluar kalimantan disesatkan oleh opini orang yg benci Dayak sehingga dalam pikiran mereka orang Dayak itu seperti orang papua.

Anonymous said...

kok dikit2 sesat sih... biarin aja mereka menganut kepercayaan mereka.... mereka toh gak mengaku agama islam atau kristen atau yg lain .....

ahmadiyah katanya klo menyebut agama tersendiri boleh... lha ini kok dibilang sesat....