Monday, June 30, 2008

.: TARI RUDAT :.

Tari RUDAT adalah salah satu kesenian khas desa Kuningan Jawa Barat tepatnya berada di desa Subang dan sekitarnya.. Awal kisah tarian RUDAT ini diperkenalkan oleh penduduk subang yang menuntut ilmu agama Islam di pesantren Kuningan, sepulangnya mereka dari menuntut ilmu disana mereka juga memperkenalkan kesenian tari ini kepada warga sekitar.

Tari RUDAT ini memiliki keunikan sendiri bagi saya, karena diakhir tarian ini salah satu dari penarinya mengalami kesurupan.. berikut adalah hasil Pemotretan saya selama di Kuningan Subang, Jawa Barat














3 comments:

dedhez anggara said...

wo,aku Dedhez dari KoPI Indramayu. mana posting yang lebih seru lagi??,

faiz said...

tari dan syair rudat Tujuannya adalah untuk menebalkan iman masyarakat terhadap Agama Islam dan kebesaran Allah. Sehingga manusia bisa bermoral tinggi berlandasan agama islam dengan mendekati diri kepada Allah SWT. Dengan demikian seni rudat adalah panduan seni gerak dan vokal yang di iringi musik terbangan di mana di dalam nya terdaapat unsur ke agamaan, seni tari dan seni suara.
jika yang di expose adalah hal MISTIK dan KESURUPAN nya maka ini merupakan kesalahan yang sangat luar biasa. untuk melestarikan seni budaya haruslah kita kembalikan pada fungsi dan tujuannya.
FAIZUDIN dari SERANG - BANTEN.

bowoCribo said...

Terimakasih komentarnya mas Faiz.. benar apa yang mas Faiz utarakan dan saya setuju dengan itu.. Maaf apabila ada penulisan saya yang tidak berkenan.. :)